Tiramisu

Tidak pernah terpikir sebelumnya jika saya akan bisa membuat dessert yang bernama TIRAMISU ini,  sampai 2 hari lalu ada seorang member NCC yang posting hasil karyanya di group. Tiramisu buatan si Member sangat menggoda, tampilannya cantik dan bikin ngeces! Pada saat saya melihat postingan itu kebetulan sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan, tentunya memudahkan mencari bahan-bahan yang dibutuhkan.

Pencarian bahan dimulai dengan Lady Finger (LF) yang seumur hidup baru kali ini saya dengar. Dan baru saya tahu bahwa resep aslinya Tiramisu memang wajib menggunakan Lady Finger. Lantas saya berpikir, berarti selama ini yang saya makan adalah Tiramisu gadungan karena menggunakan spongecake, bukan LF. Bermodalkan penampakan di Goole, alhamdulillah dengan cepat bisa langsung saya temukan. Harga per 200 gr sekitar Rp 32.000 (beli Hypermart).

Lady Finger merek Vicenzovo
Pencarian berikutnya adalah keju Mascarpone. Yang saya temukan merek Yummy, ukuran 250 gr harganya sekitar 50rb'an. Untungnya saya detail memperhatikan tanggal kadaluarsanya yang jatuh pada tanggal 28 Desember (2 minggu lagi!). Jelas saya urung beli, dan cukup kecewa dengan pihak Hypermart yang masih mendisplay produk yang sudah mendekati masa expired. Lantas mata saya semakin belo' mencari-cari keju mascapone merek lain, dan ketemulah dengan merek TATUA, dengan berat yang sama tapi harganya jauh lebih murah (35rb'an/ 250 gr, kemasan bungkus).

sumber: Google

Perasaan saya ketika sukses membuat Tiramisu ini, "Oh.. ternyata nggak sulit ya" *sambil nyengir puasYes! Saya nyaris tak menemukan kesulitan dalam proses pembuatannya, mungkin karena saya sudah lebih dulu membaca dengan detail step by step resepnya Ibu Fat, ditambah dengan menonton beberapa video tutorial pembuatan tiramisu di Youtube.

Baiklah, berikut ini resep Tiramisu dari websitenya NCC yang aslinya bisa dilihat di sini.

TIRAMISU
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr keju Mascarpone
300 ml whipping cream (saya pakai yang bubuk)
100 gr gula bubuk/ halus
1/2 sdt essens vanili
4 butir kuning telur
50 gr gula kastor/pasir

Bahan lain:
2 sdm kopi instant (saya pakai Nescafe Classic), dilarutkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua/ rhum (optional, dan saya tidak pakai)
Lady Finger

Garnish:
Whipped cream (saya tidak pakai)
Coklat bubuk

Cara Buat:
1. Kocok sebentar keju mascarpone supaya halus dan licin, sisihkan
2. Kocok whipped cream dan gula halus sampai kental dan kaku, sisihkan ke dalam kulkas
3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanili hingga kental dan licin. Lalu lanjutkan dengan mengocok adonan telur dengan whisk di atas panci air mendidih (di-tim) hingga hangat.
4. Angkat adonan telur, kocok terus dengan whisk sampai benar-benar dingin.
5. Keluarkan whipped cream dari kulkas. Masukkan keju mascarpone, aduk rata (dengan mixer speed 1), masukkan pula adonan telur, mixer rata.
6. Di mangkuk, tuang air, kopi, gula, aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian:
1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas (saya pakai pyrex). 
2. Susun Finger Lady di bagian dasar. Perciki atau celup dengan air kopi.
3. Tuang adonan cream, ratakan.
4. Susun lagi Finger Lady untuk lapisan ke-2, perciki atau celup dengan air kopi
5. Tutup dengan adonan cream, ratakan.
6. Bagian paling atas bisa dihias dengan whipped cream yang dispuit, beri ayakan coklat bubuk.
7. Masukkan kulkas lebih kurang 4 jam agar set.


Tips:
  • Cairan kopi sebaiknya didinginkan dulu di kulkas sebelum disiram ke LF.
  • Jangan terlalu lama mencelup LF ke dalam cairan kopi, karena LF sangat cepat daya resap airnya, bisa mengakibatkan LF mudah hancur. Jadi begitu dicelup harus langsung angkat, atau cara paling aman disiram dengan menggunakan sendok.
  • Jangan terlalu banyak cairan kopi yang terserap LF, karena akan sangat basah hingga mengeluarkan cairan saat Tiramisu dipotong.
  • Saya sudah coba menggunakan whipped cream cair, ternyata lebih enak bila menggunakan yang bubuk (misalnya merek Haan). 

Selamat mencoba ya ^__*



Tiramisu sebelum dipotong


Yuum... love it!

Another version of Tiramisu *edisi ngabisin sisa cream

Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar :

  1. Mascarpone Yummy masa segarnya memang pendek banget mbak, karena dia ga pakai pengawet dan hanya di kemas di plastik pot, cmiiw. Masa pakainya maksimal sebulan sejak dia diproduksi. Jadi mau gak mau pihak toko memang harus memajang sampai deket banget dengan waktu expire.
    Trus rasanya, menurutku, beda antara Yummy dg Tatua. Yummy menurutku lebih creamy dan terasa susu nya. Coba deh pakai mascarpone Yummy....rasanya bisa lebih yummi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa... aku baru nyadar dikomenin sama Mba Rina Rinso. Senangnyaaaa ^_^
      Nanti aku coba cari Mascarpone merek Yummy. Makasih Mba Rina Rinso *hug

      Delete
  2. Mascarpone Yummy masa segarnya memang pendek banget mbak, karena dia ga pakai pengawet dan hanya di kemas di plastik pot, cmiiw. Masa pakainya maksimal sebulan sejak dia diproduksi. Jadi mau gak mau pihak toko memang harus memajang sampai deket banget dengan waktu expire.
    Trus rasanya, menurutku, beda antara Yummy dg Tatua. Yummy menurutku lebih creamy dan terasa susu nya. Coba deh pakai mascarpone Yummy....rasanya bisa lebih yummi :)

    ReplyDelete
  3. mba kl lady finger vicenzovo itu halal kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya lady finger blm ada yg halal mba. Lbh baik bikin sendiri aja. Mudah kok bikin lady finger. Banyak resep lady finger di cookpad..

      Delete
    2. Oooh bisa bikin dewe..
      Makasih..

      Delete
  4. mbk mauk tny nih.whipped cream kn merk bubuk.kok di kocok sm gula sm kaku pucat.kn brrt g da bhn cair.hehee..bingung

    ReplyDelete
  5. Mbk mau tanya, di bahan kan mbk bilang pake whipp cream bubuk, tp penjelasan di proses kok yg di jelasin pake whipp cream cair ? Dah gt Gak ada ket kaLo whipp cream bubuk nya pke brp gr. Jd whipp cream bubuk nya pke brp gr mbk ? dan di larutkan dengan air es kn ? brp ml air ? Mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 300 ml berarti 100 gr whipp cream bubuk (merk haan) tambah air 200ml

      Delete