American Soft Bun


Roti lagi, lagi-lagi roti. Yup, entah kenapa selalu bersemangat dalam urusan membuat roti. Sebenarnya ketika menikmatinya sih biasa saja ya, tapi entah kenapa aku begitu menikmati setiap prosesnya, rasanya ada semacam tantangan yang harus ditaklukkan. Dan ketika hasil akhirnya sukses sesuai harapan, di situ letak kepuasannya. Yes, i did it!

Jangan heran kalau nanti adonannya terasa sangat lengket, aku pun sempat kesal karena seluruh jari jadi terasa kotor dan saling menempel. Pada saat rounding aku mesti menambahkan banyak terigu agar bisa diuleni, begitupun pada tahap menggilas juga harus ditabur terigu lagi agar adonan tidak lengket di rolling pin dan talenan. Nah, bagi yang ingin mengeksekusi resep ini kusarankan tidak mencampurkan sekaligus semua bahan cair, bertahap saja, bila adonan sudah terlihat pas teksturnya maka hentikan pemberian cairan.

Agar warna roti yang dihasilkan coklat keemasan, pastikan suhu oven sudah dalam kondisi panas maksimal sesuai suhu yang diinginkan. Biasanya oven akan lebih dulu kunyalakan 15-20 menit sebelum roti masuk. Bila diperlukan, saat warna roti sebagian sudah mulai keemasan sementara yang lain masih terlihat pucat, loyang sesekali perlu diputar posisinya agar mendapat panas yang merata.

Yang paling kusuka dari roti ini adalah teksturnya yang lembuuuuttt sesuai dengan namanya. Untuk fillingnya aku menggunakan ganache dari coklat corverture (jadinya agak pahit sih, next time mending pake DCC biasa saja atau pilih yang variant milk), sebagian roti lainnya kuberi filling keju cheddar parut yang diaduk dengan SKM.

Berikut ini resepnya.

American Soft Bun
Oleh Bogasari

Bahan:
500 gr terigu protein tinggi (Cakra)
500 gr terigu serbaguna (Segitiga Biru)
15 gr ragi instant
200 gr air
120 gr gula
15 gr garam
300 gr susu cair
160 gr Butter Oil Substitute (aku pake butter Lurpak)
5 gr bread improver
60 gr susu bubuk
200 gr telur (4 butir)

Bahan olesan:
Kuning telur
Susu Evaporasi

Cara Buat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata
2. Masukkan telur, air, dan susu cair.
3. Masukkan butter, mikser hingga kalis.
4. Masukkan adonan ke dalam wadah, tutup plastic wrap/ serbet, istirahatkan selama 10 menit.
5. Bagi adonan @40 gr, bulatkan.
6. Istirahatkan kembali 10 menit.
7. Gilas adonan, beri isian, bulatkan dan susun di loyang.
8. Olesi permukaan roti dengan campuran kuning telur & susu evaporasi.
9. Istirahatkan selama kurang lebih 90 menit.
10. Panggang di oven suhu 180'C, selama 20 menit.
11.Bila sudah matang boleh dioles dengan butter/ margarin agar tampak mengkilat.


Seratnya mantap!

Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment