Lapis Surabaya Premium

Cake ini resepnya sudah lama kubaca dari blog sahabatku, Mba Rosy Indriati. Belum berani eksekusi karena keduluan nervous begitu tau adonannya membutuhkan 45 kuning telur! Menari2 di kepala, apa jadinya kalo gagal ya? Sakit bangettt pastinya. Hahahaha... itulah penyakit manusia, belum dicoba sudah takut gagal. 

Timbul kemauan untuk mencoba karena ibuku berniat mengunjungi keluarga di Yogya. Beliau ingin membawa 'buah tangan' dan aku mengajukan diri membuatkan Lapis Surabaya. Padahal biasanya aku menggunakan resep Bu Fatmah dengan 30 kutel, namun sejujurnya aku kurang puas karena hasilnya tidak terlalu tinggi (agak kempis). Makanya kupikir inilah saatnya uji nyali untuk mencoba resep ini.

Dalam proses pembuatannya terjadi accident di mana aku salah membaca intruksi, butter & margarin yang seharusnya dikocok sampai ringan dan lembut, eh.. malah aku aku kocok dengan menambahkan gula! Untungnya, hasil kocokan itu belum sempat aku campurkan ke kocokan telur. Andaikan terlanjur, terbayang yang jadi bukan Lapis Surabaya melainkan Butter Cake! Beneran aku bisa nangis guling-guling. Akhirnya aku memutuskan mengocok ulang butter dan margarin yang baru demi meminimalkan kegagalan. 

Berikut ini resep dan tehnik pembuatannya.

Bahan 1 (akan jadi 2 lapisan kuning)
30 kuning telur
225 gr gula pasir
100 gr tepung protein sedang (Segitiga Biru)
25 gr maizena
25 gr susu bubuk
165 gr margarin
185 gr salted butter
3 sdm susu kental manis (SKM)

Bahan 2 (1 lapisan coklat)
15 kuning telur
125 gr gula pasir
30 gr tepung terigu protein sedang
35 gr coklat bubuk (sebaiknya dikurangi 5-10 gr menurutku terlalu pahit, dan substitusikan 5-10 gr itu dengan terigu agar total berat adonan tidak berkurang).
15 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
75 gr margarin
115 gr salted butter
1 sdm susu kental manis coklat (aku pake yang putih)
1/2 sdt pasta coklat

Selai strawberry secukupnya, untuk olesan tiap lapisan.

Cara Buat:
A. Lapisan Kuning
1. Kocok margarin & butter sampai ringan dan lembut, masukkan 3 sdm SKM, kocok rata. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang, kental berjejak (dimikser lebih kurang 10 menit). Masukkan terigu, maizena, susu bubuk sambil diayak, lakukan aduk balik atau dikocok sebentar dengan mikser speed paling rendah.
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama beratnya ke dalam loyang 24x24x4 cm.
4. Panggang dalam oven suhu 190-200'C selama kurang lebih 20-25 menit.

B. Lapisan Coklat
Cara pembuatan sama dengan Bahan A, bedanya pada saat mengocok margarin & butter masukkan pasta coklat dan SKM.
Bahan kering seperti terigu, susu bubuk, coklat bubuk, baking powder, jadikan satu, ayak terlebih dulu sebelum dimikser.

Setelah matang, diamkan sampai uap panas sebagian besar hilang, lalu oles dengan selai strawberry. Jangan lupa, trimming/ potong pinggiran cake agar telihat rapi.

Alhamdulillah sukses! Jadi yakinlah, bahwa "BISA itu karena MAU." So, tunggu apa lagi? Bikin hyuuuuk ... ^_*




Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

  1. hasil jadinya itu bagus banget, bikin tutorial videonya dong mba

    ReplyDelete