Salah Temperatur, Simsalabim... Brownies Gosong!

Banyak orang yang bilang kalau ingin memulai belajar membuat cake mulailah dengan membuat brownies karena dijamin tidak akan gagal. Tapi sayangnya nasehat itu nggak berlaku buat saya :'( 

Gara-gara salah pemahaman membaca temperatur oven akhirnya saya sukses membuat sebuah Brownies Gosong...!

Alkisah saya tertarik mencontek resep dari luar yang saya lihat video tutorialnya di Youtube: Joyofbaking.com, bahan & cara masaknya simple. Pada resep disebutkan temperatur oven 350' Farenheit dengan waktu pangggang 30 menit. Hmm... saya memang sempat bingung krn oven saya suhu maksimalnya hanya 240'. Nah, karena ketidakpahaman dan minimnya jam terbang sebagai chef, lantas temperatur oven saya set-lah di angka maksimum tsb.

Alhasil... baru 15 menit berlalu sudah tercium aroma gosong dari oven, ketika saya cek permukaan atas brownies terlihat retak merekah, namun saat loyang disentuh terasa adonan di dalamnya bergoyang tanda masih encer. Sumpeh jadi bingung!

Di menit ke-20 dan 25 saya lakukan tes tusuk, adonan lengket  masih dlm bentuk cairan dan rekahan makin lebar. Lantas temperatur saya turunkan jadi 180'. Tepat 30 menit brownies saya angkat.

Setelah brownies dingin dan dikeluarkan dari loyang, nyata sekali kegosongannya! Hampir di setiap sisinya menghitam dan teksturnya kerasss! Tapi syukurlah di bagian tengahnya baik baik saja dan masih bisa dimakan. Mengenai cita rasanya, alhamdulillah tetep enak  ^___^

Karena penasaran saya merenung deh instrospeksi mencari letak salahnya di mana. Akhirnya kecurigaan saya jatuh pada settingan temperatur oven yang membuat si brownies jadi overcook. Dan baru nyadar kalau temperatur yang disebutkan di resep adalah Farenheit dan bukan Celcius. Setelah browsing baru saya paham bahwa ke-2 temperatur tersebut jelas berbeda. Seharusnya temperatur Farenheit itu saya konversikan dulu hitungannya menjadi celcius sesuai oven yang saya miliki.

Begini formula mengkonversi dari Farenheit ke Celcius:
'C = ('F-32)/1,8

Jadi untuk case saya ini seharusnya oven diset di 176' (atau max 180' deh).
Oalaaah... pantesan gosong yak!!

Baiklah, namanya juga masih junior di dunia masak memasak, kalo gagal itu hal biasa, positifnya toh bisa dapet ilmu baru. Insyaallah besok nyoba lagi dan mudah2an hasilnya bisa lebih oke ^_*
Cemunguud...!!

Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment