Roti Bulat

Entah kenapa selalu bersemangat dalam urusan membuat roti, padahal bikinnya makan waktu berjam-jam (bahkan bisa sampai 1/2 harian), dan ketika sudah jadi paling-paling aku cuma makan 1-2 potong saja. Bagiku membuat roti itu ada tantangan tersendiri yang sangat spesial, yaitu bagaimana membuat aneka bentuknya jadi menarik, menggugah selera, dan yang pasti rasa harus enak.  Ketika roti sudah jadi sesuai harapan, disukai anggota keluarga bahkan dapat pujian, ada rasa bahagia dan bangga seperti layaknya orang yang baru lulus ujian skripsi. ^^ Hohoho... lebay deh! 

Nah, kali ini lagi-lagi aku mengeksplore resep roti dari buku resep Pak Hadi Tuwendi. Aku favorit banget dengan resep-resepnya yang kurasa cocok dengan selera lidahku. Yuk ah, ini resepnya.

ROTI BULAT
Oleh Hadi Tuwendi

Bahan A
1000 gr terigu protein tinggi (Cakra)
50 gr terigu protein sedang
22 gr ragi instant
2 gr Belfieco CB One (ini adalah bread improver, bisa disubstitusi ya)
100 gr susu bubuk full cream
250 gr gula pasir
165 gr telur
485 gr susu cair

Bahan B
100 gr creamerry butter
80 gr Hollman butter
10 gr Belfieco Protect (ini bread conditioner, aku nggak pake)
18 gr garam

Cara Buat:
1. Bahan A diaduk dengan mixer kecepatan sedang (medium) selama 4 menit. Pindahkan ke baskom, tutupi plastik, diamkan selama 45 menit (25 menit di suhu ruang, 20 menit di kulkas).
2. Pindahkan adonan A ke dalam mangkuk mixer. Masukkan bahan B, aduk sampai kalis selama 8-9 menit dengan kecepatan sedang. Tutupi dengan plastik dan diamkan selama 45 menit.
3. Timbang adonan @60 gr, bulatkan. Diamkan 15 menit sebelum diisi dan dibentuk. Setelah setengah mengembang, poles dengan egg coating dan beri topping (jika perlu).
4. Diamkan sekitar 2 jam hingga adonan mengembang 3x lipat.
5. Panggang dengan api atas 165'C dan api bawah 190'C selama 10 menit.




Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment