Lapis Legit

Ini adalah ke-2 kalinya aku membuat lapis legit dengan resep Ny. Liem, ditambah pula dengan  trial-trial lainnya dengan resep dari berbagai sumber. Hasilnya selalu tidak ideal, mulai dari kekeringan, benyek karena kurang matang, atau layernya yang tidak sama ketebalannya. Terbayang kan ya,  berkilo-kilo telur dan butter yang sudah kuhabiskan untuk trial-trial itu. Apakah aku menyerah? Boro-boro... malah makin 'panas' pengen banget menaklukkannya.

Selain itu ada sesuatu yang bikin semangat dalam trial kali ini, aku mau uji coba oven baruku, Signora Galaxy 60 liter. Aku optimis bisa membuat lapgit dengan oven ini karena mudah mengontrol api atas dan bawah. Alhamdulillah hasil lapgitnya sesuai harapan, tingkat kematangannya merata di setiap lapis. Aaah... jadi makin cinta sama oven ini.



LAPIS LEGIT
Resep oleh. Ny. Liem

Bahan A:
850 gr (40 butir) kuning telur
350 gr gula bubuk (jangan dikurangi, manisnya pas)
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan B:
400 gr mentega 
300 gr margarine
4 sdm susu kental manis (SKM)
1 sdt bumbu spekoek

Bahan C:
70 gr terigu pro rendah
20 gr susu bubuk
*aduk jadi satu, ayak

Cara Buat:
1. Mikser Bahan B: mentega dan margarine hingga putih & mengembang, tambahkan SKM & spekoek, mikser rata (waktu pengocokan 15 menit).
2. Mikser bahan A hingga kental dan mengembang selama 30 menit, lalu masukkan Bahan B secara bertahap, mikser rata dengan kecepatan rendah.
3. Masukkan Bahan C, aduk rata dengan menggunakan spatula.
4. Ambil loyang 20x20x7 cm, olesi dengan margarine lalu beri kertas roti (permukaan atas kertas rotinya olesi juga ya dengan margarine).
5. Ambil 1 sendok sayur adonan (atau bisa juga 3-4 sdm), untuk lapisan pertama ini panggang dengan api bawah sekitar 180'c sekitar 10 menit. Lapisan selanjutnya panggang dengan api atas suhu 200-250' C, semakin panas oven semakin cepat waktu pengerjaannya asalkan dipantau supaya tidak over baked.
6. Setelah lapisan terakhir paling atas selesai dipanggang, tutupi permukaan atas loyang dengan alumunium foil, panggang lagi dengan api bawah selama 10 menit. Guna alumunium foil adalah agar cake tidak hangus/ kekeringan.
7. Potong2, dan sajikan. Aku paling suka kalau cake ini dimasukkan kulkas terlebih dulu supaya tidak terlalu berminyak ketika dinikmati.

Tips:
^ Pada saat pengocokan margarine + butter, kuning telur, pastikan waktunya tidak kurang dari yang disebutkan di atas agar hasilnya maksimal.
^ Pastikan memahami karakter oven Anda, proses pemanggangan sangat mempengaruhi hasil akhir.
^ Gunakan alat untuk menekan setiap lapis agar rapih, tapi jangan terlalu kuat menekannya ya.
^ Usahakan tidak ada gelembung kecoklatan di setiap lapisnya, bila terjadi turunkan suhunya dan tusuk gelembung dengan lidi/bambu atau pindahkan loyang ke rak yang lebih bawah.

Yok ngelapgit! Anggap saja uji nyali, kalau berhasil pasti puasss ^_*






Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment