Hokkaido Milky Bread

Sudah sering lihat resep ini wara wiri di berbagai blog, begitupun video tutorialnya banyak sekali di Youtube. Resep roti Hokkaido ini pun banyak jenisnya, ada yang dengan menggunakan tangzhong maupun tidak. Nah, karena aku lagi terkena 'syndrome malas' tentunya metode tanpa tangzhong jadi pilihanku. 

Awalnya sempat panik karena di sumber resep nggak disebutkan ada pemakaian butter. Setelah browsing sana sini ternyata memang ada beberapa resep roti Hokkaido yang tanpa menggunakan butter. 

Hasilnya, roti ini sangat kental aroma susunya. Wangiiii...! Teksturnya pun lembut, meskipun kupikir pasti lebih lembut bila menggunakan metode tangzhong. Ya.. ya.. next time harus bikin juga supaya tau perbedaannya dan mana yang terbaik ^_*

Sumber resep ada di sini dan telah kumodifikasi tehnik pembuatannya.


HOKKAIDO MILKY BREAD


Bahan :
540gr terigu protein tinggi (mis, cakra, kerang, dll)
60gr terigu protein sedang ( segitiga, jade)
10gr ragi instant
30gr susu bubuk
80gr gula
9gr garam
1btr telur
250gr susu segar (ultramilk)
150gr whip cream (anchor)


Cara Buat:
1. Masukkan semua bahan kering (terigu, ragi, susu bubuk), kecuali garam.
2. Aduk menggunakan mixer, tuangi dengan bahan2 cair (telur, susu, whip cream) sedikit demi sedikit. Ingat, perhatikan dengan jeli tekstur adonan, bila dirasa sudah cukup jangan dituang semua.
3. Setelah semua bahan tercampur sempurna, masukkan garam, lalu mikser kembali sampai kalis. Adonanku sangat lembek dan lengket, jadi sangat sulit untuk mencapai "kalis & elastis", alhasil mengandalkan insting.
4. Adonan yang sudah selesai dimikser tuang ke dalam baskom yang telah diberi sedikit minyak, diamkan 1 jam.
5. Setelah proses proofing selesai, bagi adonan menjadi 6 bagian sama beratnya. Bulatkan, gilas dan gulung, lalu susun berjejer di dalam loyang roti tawar. Diamkan lkembali ebih kurang 1 jam.
6. Beri olesan susu + kuning telur, lalu panggang dalam oven suhu 200'C selama lebih kurang 50 menit (tergantung karakter masing2 oven lho ya, bisa jadi di oven lain cukup 30 menit saja).



Share on Google Plus

About Ibu Rina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment